KATA ORANG PASAR SENI KE 52

KATA ORANG PASAR SENI KE 52

1.
Akhir2 ini banyak orang sangat kaya membuat Museum Senirupa, tentu itu merupakan kabar baik, walau sya tidak mengerti apakah si Bos membuat museum dg semangat utk menyadarkan masyarakat luas mengenai seluk beluk sejarah seni modern atau tradisional Indonesia juga berita gerakan senirupa dunia, atau sekedar pamer harta dan unjuk derajat hobi bahkan bertujuan menaikkan pamor gengsi belaka.

Dan dlm titik inilah timbul kontradiksi antara para Penikmat awam dan Kritikus handal, maka berlangsung perlawanan dan mendukung masyarakat yg mengalami reifikasi.

Kalau si Bos dapat menanggalkan jubah yg menggoda dan fenomenal, waktu itu sudah sepatutnya kita acungi jempol 50 tahun .

2.
Apakah suku kata eksplor atau gali atau cari dlm proses kreativitas seniman dpt diartikan itu bagi yg pas pasan bahkan kurang ilmu pengetahuan dan jam terbangnya. Sedangkan yg sudah mumpuni kata yg tersedia adalah temu, betulkah begitu ?

” Menggali, pencarian atau eksplorasi adalah proses .. penemuan tergantung intensitas dan kapasitas sang pencari itu sendiri .. Dlm konteks yg sama utk membongkar kotak dan frame yg ada di dalam kepala dia “. Ini kata teman gue .

hendrotan   |   02 Maret 2018

Leave a comment